-- SELAMAT DATANG DI SMP ISLAM PAGAK GAMPINGAN -- || Membuat Tapak Jejak Dengan Berpijak Secara Bijak Dimanapun Kaki Beranjak || Follow Kami Di : Twitter : @smpislampagak || Instagram : @smpislampagak

Kultum Singkat dan Tausiyah Islami

0 komentar

Rabu, 01 Mei 2019
#NUTRISI PAGI#

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan, Edisi ke1

Sebentar lagi tamu kita yang mulia bulan Ramadhan akan segera tiba, Tamu terhormat yang membawa segudang keberuntungan,karena didalam bulan ramadhan terkandung kemulyaan dan keistimewaan yang amat besar,yang tak bisa dijumpai pada bulan-bulan lain. Nilai ibadahnya dilipatgandakan, doa-doanya dikabulkan, dosa-dosa diampuni, pintu surga dibuka, sementara pintu Neraka ditutup.
Ramadhan tak ubahnya tamu agung yang selalu dinanti-nanti kedatangannya, Rugilah orang yang tidak dapat bertemu dengannya,Namun akan lebih rugi lagi mereka yang menjumpai bulan ramadhan tapi tidak meningkatkan kualitas ibadahnya.
Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.dalam rangka menyambut bulan yang penuh berkah.
Semoga kita semua dijadikan hamba yang selalu dekatnya, Aminnn
M.Daroini,A.ma,S.pdi
Pagak, Mlg,01-04-19
--------
"NUTRISI PAGI"

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan,Edisi ke2

Rasulullah Saw Selalu berpesan kepada ummatnya ketika Ramadhan akan tiba:
Dari Sahabat Abu Hurairah r.a.beliau berkata,,bahwa Rasulullah saw. Telah bersabda:Sungguh telah datang pada kalian bjulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, yang mana pada bulan tersebut Allah mewajibkan kalian untuk berpusa. Pada bulan itu,pintu-pintu langit di buka, sementara pintu-pintu Neraka ditutup serta syetan-syetan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan. HR.An Nasa'i.
Selain itu,Rasulullah saw. Mengajarkan kepada kita sebuah doa yang dipanjatkan menjelang datangnya bulan Ramadhan, yakni: *Allahummah Bariklana fii rajabah Wasya'bana Waballighna (Ya Allah berkahi kami dibulan rajab dan sya'ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan) HR. Ahmad dan Bazzar..
Oleh karena itu, marilah kita sambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh suka cita" Marhaban Ya Ramadhan(Selamat datang bulan ramdhan).kami sanggup kedatanganmu dengan penuh suka cita.
Semoga kiranya kita memperoleh rahmat, hidayah serta kekuatan, Aminnn.
M.Daroini,A.ma,S.pdi
Pagak,Mlg,02/04/19
--------
"NUTRISI PAGI"

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan Edisi ke3
Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,Para Ulama' terdahulu melakukan amalan-amalan Sbb:
1.Menyambut Ramadhan dengan kegembiraan dan kebahagiaan dan para sahabat Rasul menyambut Ramadhan dengan senyum dan tahmid.
2.Mengkaji kembali ilmu yang terkait dengan puasa. Ibadah puasa mempunyai ksetentuan dan aturan yang harus dipenuhi agar sah dan sempurna.
3.Menyambut bulan Ramadhan dengan banyak doa. Juga merupakan bulan tantangan. Diantaranya.: menggapai kemulyaan mlm
 lailatul qodar, tantangan menahan nafsu untuk berbuat jahat.
4.Orang-orang sholeh terdahulu selalu merencanakan pengisian bulan Ramadhan dengan cermat dan optimis.
5.Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan,mereka menjafikan Sya'ban sebagai latihan.diantaranya memperbanyak puasa dan shodaqoh.
6.Mempersiapkan materi. Persiapan materi disini bukan untuk membeli kebutuhan berbuka dan sahur yang mahal yang berlebihan tapi untuk menopang ibadah, sedekah dan infaq. Bulan Ramadhan merupakan bulan santunan dan pelipur lara, sangat dianjurkan memberi kepada orang lain. Semoga kita semua selalu mdendapat Rahmat,hidayah dan kekuatannya, Aminnn.
M. Daroini, A.ma,S.pdi
Pagak, Mlg, 03-04-19
"NUTRISI PAGI"

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan Edisi ke3

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Para Ulama'terdahulu melakukan Amalan-amalan Sbb:
1.Menyambut Bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan, dan para sahabat Rasul saw. Menyambut Bulan Ramadhan dengan Senyum dan tahmid.
2.Mengkaji kembali ilmu yang terkait dengan puasa. Sebab ibadah puasa mempunyai ketentuan dan aturan yang harus dipenuhi agar sah dan sempurna.
3Mentambut bulan Ramadhan dengan banyak doa. Juga merupakan bulan tantangan DIantaranya tantangan menahan hawa nafsu untuk berbuat jahat, tantangan menggapai kemulyaan malam Lailatul Qodar.
4.Orang-orang Sholeh terdahulu selalu mserencanakan pengisian bulan Ramadhan dengan Cermat dan Optimis.
5.Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, mereka menjadkan bulan sya'ban sebagai latihan diantaranya memperbanyak puasa dan shodaqoh
6.Mempersiapkan materi. Persiapan materi disini bjkan untuk membeli kebutuhan berbuka dan sahur yang mahal yang berlebihan tapi untuk menopang ibadah, sedekah dan infaq,  bulan Ramadhan mdrupakan bulan santunan dan pelipur lara. Sangat dianjurkan memberi kepada orang lain yang sangat membuttuhkam.
Semoga kita semua selalu mendapat Rahmat, Hidayah dan kekuatannya, Aminnn.
M. Darloini, A. ma, S. Pdi
Pagak, Mlg, 03-05-19


Senin, 29 April 2019
"* NUTRISI PAGI*"
Penakut Edisi Ke 1
Penakut penyakit jiwa.Orang penakut selalu resah gelisa.Pikirannya melamun kesana-kemari.Ia takut kepada hal-hal yang tidak sepantasnya ditakutinya.Ia takut keluar rumah mungkin ada perampokan atau tabrakan yang terbayang dalam pikirannya.Ia takut naik kapal laut takut tenggelam,Takut naik pesawat Udara mungkin karena takut jatuh dsb.

Seorang Mukmin harus percaya dan memperdalam imannya kepada Allah Swt.Bekerja dan bertindak dengan bijaksana.Berani karena benar,takut karena salah.Hati-hati dalam memutuakan segala rencana.Ditimbang dengan matang baik buruknya.Salah benarnya menurut ajaran agama.Sesudah dipertimbangkan dengan matang,Lakukanlah dan laksanakanlah dengan bijaksana.Jangan takut apa yang akan terjadi.berserah dirilah kepada Allah.Itulah Tawakal namanya.Seperti Ucapan "Habis Akal Tawakal.

Gubahan Penyair
"Penakut sifat tercelah dan berani terpuji.
"Orang penakut tidak lepas dari kadar Ilahi*

Orang penakut tidak akan pernah maju semua pekerjaan baik memerlukan keberanian.Semakin besar tujuan yang akan dicapai semakin banyak meminta keberanian dan pengorbanan.Bangsa yang beranilah yang akan mencapai cita-citanya.Mencapai masyarakat Adil Makmur.Juga memerlukan keberanian bertindak dan ketekunan bekerja.


Semoga kita semua dijauhkan dari sifat Penakut.
Aminnn.

M.Daroini,A.ma,S.pdi
Pagak,Mlg,29/04/19
--------


"NUTRISI PAGI"
Penakut Edisi ke2
Penyakit Penakut dapat disembuhkan dengan berbagai cara.diantaranya Sbb;
1.Jika penakut berasal dari keturunan maka obatnya ialah memberikan pendidikan yang baik.
2.Memberitahu kepada si penakut apa yang ditakutkan itu.Dimana perlu dengan membuktikan bahwa
   yang ditaluti itu tudak apa-apa.Jadi obatnya harus mengetahui apa sebab takut itu.
3.Tidak terbiasa juga sering menjadikan orang takut.obatnya mencoba dan mencoba lagi.akhirnya
   rasa takut itu akan berkurang dan berangsur-ansur diharapkan akan hilang.
4.Memikir dan mempertimbangkan dengan seksama hasil yang diharapkan dari keberanian dan
   bahaya yang disebabkan oleh rasa takut.Pertimbangan yang mantap akan menimbulkan keberanian
   dan menghilangkan rasa takut.
5.Sering membaca sejarah dan otobiografi orang-orang besar yang sukses,membaca sejarah Nabi
  nabi,Sejarah pemimpin-pemimpin besar didunia.sejarah pengembara,sejarah Ilmuwan,,banyak
  memberi kesan bagi jiwa yang berpenyakit takut itu.
*Firman Allah QS;Yusuf 111 yang artinya: "Sesungguhnya kisah-kisah(sejarah)rasul-rasul itu menjadi perhatian(tiru teladan)bagi orang- orang yang berfikir.
Semoga kita semua oleh Allah dijauhkan dari sifat penakut

Aminnn.


M.Daroini,A.ma,S.pdi
Pagak,Mlg,30/04/19


Jumat, 26 April 2019
"NUTRISI PAGI"

Sederhana Waktu Bekerja dan Istirahat

Bekerja dengan Rajin disuruh Agama. Dilarang membuang-buang waktu dengan percuma tanpa Amal. Duduk bermalas-malasan dilarang.Orang yang tidak mengisi waktunya dengan amal merugilah ia.
Bekerja dan istirahat harus seimbang.Istirahat diperlukan untuk mengembalikan kekuatan.Seorang penulis akan timbul inspirasinya sesudah istirahat.Pikiran yang sudah buntu,kepala yang telah pusing,badan yang semakin lemah memerlukan istirahat.

Imam Ali,Semoga Allah meridhoinya,Berkata;'Tenangkanlah hatimu sewaktu-waktu,"Artinya Istirahatlah dimana perlu. Orang yang tidak bekerja,setan akan memberi pekerjaan.Istirahat yang tidak karuan dan berlebihan sering membawa orang kejurang kesesatan.banyak angan-angan jahat yang timbul.

Hidup tanpa Amal juga merusakkan kesehatan.jalan darah menjadi lembek,badan merasa cape,perasaan tidak menentu.Sederhana beristirahat diperlukan untuk melanjutkan kegiatan.Sederhanalah sifat yang membahagiakan.pembagian waktu harus diadakan dan dilsksanakan.Waktu bekerja dan istirahat harus seimbang.Ada waktu kerja dan ada pula saat istirahat. Semoga kita semua oleh Allah dijadikan hamba yang selalu sederhana dalam bekerja dan istirahat.

Aminnn.

M.Daroini,A.ma,S.pdi
Pagak,Mlg,26/04/04/19

Kamis, 25 April 2019
 "NUTRISI PAGI"

Sederhana Berbelanja



Memberikan perbelanjaan untuk rumah tangga,Menyumbang kepada masyarakat dan segala macam pengeluaran hendaklah seimbang dengan dengan penghasilan.jangan berlebihan(boros)dan jangan pula kikir.Boros dengan menurutkan hawa nafsu yang tiada ada batasnya akhirnya dapat menghancurkan usaha,jika seseorang menjadi pengusaha.Seorang pejabat Negara mungkin melakukan korupsi karena sifat borosnya atau didorong untuk boros oleh keluarganya.Hidup mewah berlebih-lebihan tidaklah sifat yang baik. Masih banyak fakir miskin,kaum kerabat dan yatim piatu,begitu juga kepentingan masyarakat yang mengharapkan bantuan.

Kikir juga bukan sifat yang terpuji.Apalah gunanya harta jika tidak akan dimamfaatkan untuk diri sendiri,untuk keluarga dan untuk kepentingan umum:Harta bukan bukan untuk dihitung-hitung begitu saja.Harta,kekayaan baru ada gunanya manakala digunakan dan dibelanjakan.Firman Allah Swt dalam QS,Al Israa':29.yang Maknanya : Janganlah kamu ikatkan tanganmu kedudukmu(jangan kikir)dan jangan pula kamu ukurkan tanganmu seluruhnya(jangan boros) kikir dan boros akan menjadikan kamu sedih(menyesal).
Semoga kita semua dijauhkan dari sifat boros,

Aminnn.

M.Daroini,A.ma,S.pdi
Pagak,Mlg,25/04/19

Rabu, 24 April 2019
"NUTRISI PAGI"

Sederhana Dalam Pembicaraan.
*Sederhana dalam pembicaraan yaitu menyesuaikan pembicaraan dengan situasi dan kondisi. Berbicara disaat perlu.Diam diwaktunya.tidak bicara terus. Mendengar pembicaraan orang lain banyak faedahnya.

Bicara seperlunya itulah yang sederhana.Juga pembicaraan disesuaikan dengan taraf dan tingkat yang mendengar.jangan bicara panjang bertele-tele dihadapan orang-orang pintar.Juga jangan berbicara terlalu pendek dimuka orang awam sehingga tidak difahaminya.Sabda Rasulullah Saw.yang maknanya.

Siapa yang banyak bicaranya banyak salanya.siapa yang banyak salahnya banyak dosanya.Siapa yang banyak yang banyak dosanya,nerakalah tempatnya Gubahan penyair pikir dahulu jika kamu hendak bicara jangan dimana-mana kamu membuka suara. Semoga kita semua sebagai hamba Allah yang sederhana dalam pembicaraan.

Aminnn.

M.Daroini,A.ma,S.pdi
Pagak,Mlg,24/04/19

Baca Lebih Lanjut »

Kumpulan Surat-Surat Pendek Al Quran

0 komentar

Surat-surat pendek dalam Al Quran sering kita kenal dan kita ketahui dengan sebutan Juz 'Amma yang merupakan Juz terakhir dari Al Quran yaitu Juz ke 30. Pada Juz terakhir ini terdapat kumpulan surat-surat pendek Al Quran yang umum dijadikan sebagai hafalan untuk anak-anak disekolah dan dipengajian-pengajian serta sering dibaca dalam shalat wajib yang 5 waktu maupun shalat sunnah.

umlah surat-surat pendek Al Quran pada Juz 'Amma terdiri atas 34 surat yang di awali dengan Surat An Naba` dan diakhiri dengan Surat Al Ikhlash yang diantaranya hampir semua diturunkan di Mekkah yaitu sebanyak 31 surat dan 3 lagi di Madinah yaitu Surat Al Bayyinah, Surat Al Zalzalah, dan Surat An Nashr.
Kumpulan Surat-Surat Pendek Al Quran Lengkap berikut dibawah ini :
1. Surah An Naas

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ

Qul A'uudzu birabbin-naas(i)
1. Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia."
مَلِكِ ٱلنَّاسِ

Malikinnaaa(i)
2. "Raja manusia."
إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ

Ilaahin-naas(i)
3. "Sembahan manusia."
مِن شَرِّ ٱلۡوَسۡوَاسِ ٱلۡخَنَّاسِ

Min syarril waswaasil khannaas(i)
4. "Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,"
ٱلَّذِي يُوَسۡوِسُ فِي صُدُورِ ٱلنَّاسِ

Al Ladzii yuwaswisu fii shuduurin-naas(i)
5. "yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,"
مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ

Minal jinnati wannaas(i)
6. "dari (golongan) jin dan manusia."

2. Surah Al Falaq

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَقِ

Qul A'uudzu birabbil falaq(i)
1. Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh,"
مِن شَرِّ مَا خَلَقَ

Min syarri maa khalaq(a)
2. "dari kejahatan makhluk-Nya,"
وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

Wa min syarri ghaasiqin idzaa waqab(a)
3. "dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,"
وَمِن شَرِّ ٱلنَّفَّٰثَٰتِ فِي ٱلۡعُقَدِ

Wa min syarrin naffaatsaati fiil 'uqad(i)
4. "dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul ,"
وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Wa min syarri haasidin idzaa hasad(a)
5. "dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

3. Surah Al Ikhlash

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ

Qul Huwallahu Ahad(un)
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa."
ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ

Allahu sh-shamad(u)
2. "Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu."
لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ

Lam yalid walam yuulad
3. "Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,"
وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ

Wa lam Yakun Lahu kufuwan ahad(u)
4. "dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."

4. Surah Al Lahab

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
تَبَّتۡ يَدَآ أَبِي لَهَبٖ وَتَبَّ

Tabbat yadaa abii lahabiw watabb(a)
1. "Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa ."
مَآ أَغۡنَىٰ عَنۡهُ مَالُهُۥ وَمَا كَسَبَ

Maa aghnaa 'anhumaa luhu wa maa kasab(a)
2. "Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan."
سَيَصۡلَىٰ نَارٗا ذَاتَ لَهَبٍ

Sayashlaa naaran dzaata lahab(in)
3. "Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak."
وَٱمۡرَأَتُهُۥ حَمَّالَةَ ٱلۡحَطَبِ

waamra-atuhu hammaalatatal hatahab(i)
4. "Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar ."
فِي جِيدِهَا حَبۡلٞ مِّن مَّسَدِۢ

Fii jiidihaa hablun min masad(i)
5. "Yang di lehernya ada tali dari sabut."

5. Surah An Nashr

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaaniraahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
إِذَا جَآءَ نَصۡرُ ٱللَّهِ وَٱلۡفَتۡحُ

Idzaa jaa-a nashrullahi wal fath(u)
1. "Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,"
وَرَأَيۡتَ ٱلنَّاسَ يَدۡخُلُونَ فِي دِينِ ٱللَّهِ أَفۡوَاجٗا

Wa ra-aitan naasa yadkhuluuna fii diinillahi afwaajaa(n)
2. "dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,"
فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَٱسۡتَغۡفِرۡهُۚ إِنَّهُۥ كَانَ تَوَّابَۢا

Fasabbih bihamdi rabbika waastaghfir-hu, innahuu kaana tawwaabaa(n)


3. "maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat."

6. Surah Al Kaafiruun
بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
قُلۡ يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡكَٰفِرُونَ

Qul yaa ayyuhaal kaafiruun(a)
1. Katakanlah : "Hai orang-orang kafir."
لَآ أَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُونَ

Laa a'budu maa ta'buduun(a)
2. "Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah."
وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ

Wa laa antum 'aabiduuna maa a'bud(u)
3. "Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah."
وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمۡ

Walaa anaa 'aabidum(n) maa 'abadtum
4. "Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,"
وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ

Walaa antum 'aabiduuna maa a'bud(u)
5. "dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah."
لَكُمۡ دِينُكُمۡ وَلِيَ دِينِ

Lakum diinukum waliya diin(i)
6. "Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku."

7. Surah Al Kautsar
بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
إِنَّآ أَعۡطَيۡنَٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ

Innaa a'thainaakal kautsar(a)
1. "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak."
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ

Fashalli lirabbika wanhar
2. "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah ."
إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلۡأَبۡتَرُ

Innsyaani-aka huwal abtar(u)

3. "Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus ."

8. Surah Al Maa'uun
بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
أَرَءَيۡتَ ٱلَّذِي يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ
Ara-aital-ladzii yukadz-dzibu biddiin(i)
1. "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?"
فَذَٰلِكَ ٱلَّذِي يَدُعُّ ٱلۡيَتِيمَ
Fadzaalikal-ladzii yadu'-'ul yatiim(a)
2. "Itulah orang yang menghardik anak yatim, "
وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلۡمِسۡكِينِ
Walaa yahudh-dhu 'alaa tha'aamil miskiin(i)
3. "dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin."
فَوَيۡلٞ لِّلۡمُصَلِّينَ
Fawailul(n)-lilmushalliin(a)
4. "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,
ٱلَّذِينَ هُمۡ عَن صَلَاتِهِمۡ سَاهُونَ
Al ladziina hum 'an shalaatihim saahuun(a)
5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,"
ٱلَّذِينَ هُمۡ يُرَآءُونَ
Al ladziina hum yuraa-uun(a)
6. "orang-orang yang berbuat riya ,"
وَيَمۡنَعُونَ ٱلۡمَاعُونَ
Wayamna'uunal maa'uun(a)
7. "dan enggan (menolong dengan) barang berguna ."

9. Surah Al Quraisy
بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismillahirrahmaanirrahiim(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
لِإِيلَٰفِ قُرَيۡشٍ
Li-iilaafi quraisyin
1. "Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,"
إِۦلَٰفِهِمۡ رِحۡلَةَ ٱلشِّتَآءِ وَٱلصَّيۡفِ
Ilaafihim rihlatasy-syitaa-i wash-shaif(i)
2. "(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas ."
فَلۡيَعۡبُدُواْ رَبَّ هَٰذَا ٱلۡبَيۡتِ
Falya'buduu rabba haadzal bait(i)
3. "Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah)."
ٱلَّذِيٓ أَطۡعَمَهُم مِّن جُوعٖ وَءَامَنَهُم مِّنۡ خَوۡفِۢ
Al ladzii ath'amahum minjuu'in wa aamanahum min khauf(i)
4. "Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan."

10. Surah Al Fiil

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismillahirrahmaanirrahimm(i)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"
أَلَمۡ تَرَ كَيۡفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصۡحَٰبِ ٱلۡفِيلِ
Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi-ashhaabil fiil(i)
1. "Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah [1601]?"
أَلَمۡ يَجۡعَلۡ كَيۡدَهُمۡ فِي تَضۡلِيلٖ
Alam yaj'al kaidahum fii tadhliil(in)
2. "Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?"
وَأَرۡسَلَ عَلَيۡهِمۡ طَيۡرًا أَبَابِيلَ
Wa-arsala 'alaihim thairan abaabiil(a)
3. "dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,"
تَرۡمِيهِم بِحِجَارَةٖ مِّن سِجِّيلٖ
Tarmiihim bihijaaratim(n) min sijjiil(in)
4. "yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,"
فَجَعَلَهُمۡ كَعَصۡفٖ مَّأۡكُولِۢ

Faja'alahum ka'ashfim(n) ma`kuul(i)
5. "lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)."

Baca Lebih Lanjut »

Pengumuman

0 komentar

Selamat Dan Sukses Menempuh UNBK SMP / MTs Tahun Pelajaran 2018 / 2019
22 s.d 25 April 2019

Berdoa, Belajar, Mista restu orang tua dan tetap junjung kejujuran...
Semangat...
Semangat...

Baca Lebih Lanjut »

Bimbingan Teknis Proktor Dan Teknisi UNBK SMP/MTs. Tahun 2018/2019

1 komentar


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2019 ini menjadi success story yang perlu diapresiasi. UNBK telah terbukti menjadi instrumen yang efektif untuk menanamkan karakter dan kejujuran melalui capaian indeks integritas.

Kita, para pelaksana Ujian Nasional, merupakan pemberani dan sebagai pionir perubahan melalui pelaksanaan UNBK. Sebab untuk SMP/MTs. di Kabupaten Malang mulai tahun 2018 kemarin bisa melaksanakan UNBK meski belum 100% dan kita anggap sukses dalam pelaksanaannya, namun demikian, kita tidak boleh lengah atau terlena dengan keberhasilan ini. Apalagi mencederai keberhasilan ini dengan kekurangsiapan kita untuk melaksanakan UNBK pada tahun ini.

Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada Saudara Proktor, Teknisi UNBK dan Heldesk Kabupaten yang telah menyukseskan UNBK SMP/MTs. Kabupaten Malang.

Proses pendidikan yang bermutu akan membuahkan hasil pendidikan bermutu dan relevan dengan pembangunan, kesuksesan pelaksanaan UNBK bukan hasil kerja segelintir orang, ada banyak pihak terlibat didalamnya, terutama proktor, teknisi, tim helpdesk, PLN, dan Telkom.

Proktor dan Teknisi yang merupakan pelaku langsung dilapangan menjalankan tugasnya dimulai dari bulan November pada proses pendataan hingga berlangsungnya UNBK SMP/MTs. di mulai tanggal 22 April s.d. 25 April 2019 nanti, tugas proktor tidak berhenti walaupun UNBK sudah berakhir ditanggal tersebut, tetapi baru berakhir setelah diumumkan nilai UN pada saat kelulusan.

Kami sampaikan apresiasi kepada kawan kawan Proktor dan Teknisi yang telah bekerja, berkiprah dan berperan dalam menyukseskan UNBK tahun 2019 ini, selamat bekerja dan teruslah berkomunikasi serta berkolaborasi dalam memajukan pendidikan nasional.

Baca Lebih Lanjut »

AL-QURAN DIGITAL

0 komentar


Baca Lebih Lanjut »

Resep Makanan Kekinian yang Bisa Dibuat di Rumah, Lebih Enak ! ( Part 1 )

0 komentar

Resep Es Kopi Susu Kekinian

Haloo Sahabat SMP Islam, Bisa dibilang, dunia kuliner terus menggeliat lima tahun belakangan ini. Kalau dulu rainbow cake, ombre cake, hingga kue cubit jadi primadona, kini martabak dan keju menggantikannya.
Nah, kalau kamu sudah pernah mencoba aneka kuliner hits ini, sesekali kita harus mencoba membuat resepnya sendiri. Coba deh, pasti lebih enak!
 


Resep ini sudah dicoba langsung oleh Bapak Udin. Menurut banyak orang, rasanya tak jauh berbeda dengan es kopi susu merek terkenal. Cobain yuk!

Bahan-bahan :
- 1 sendok makan Nescafe Gold/Classic (sesuai selera)
- 3 sendok teh brown sugar
- 3-4 sendok makan krimer bubuk
- 225 ml susu cair plain
- 225 ml susu cair rasa kelapa
- es batu secukupnya

Cara membuat :
Larutkan semua bahan dengan air panas kecuali susu dan es batu. Kocok di dalam botol hingga tercampur rata. Masukkan susu, kocok lagi. Terakhir es batu.
Es kopi siap disajikan!
Mudah Bukan Sahabat SMP Islam.

Baca Lebih Lanjut »

Manfaat TIK Di Bidang Pendidikan

0 komentar
image
Manfaat TIK dalam bidang pendidikan merupakan singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Seperti namanya, Pelajaran ini berisi tentang perkembangan dari teknlogi informasi dan alat komunikasi seperti internet dan layanannya serta komputer dan perangkatnya. Dalam materi komputer di bahas bagian-bagiannya seperti hardware, software, dan brainware atau pengguna komputer itu sendiri serta fungsinya. Beberapa fungsi dari komputer sangat membantu siswa dalam proses belajar maupun untuk mengerjakan tugas dari guru. Contohnya apabila siswa ingin mengumpulkan tugas dalam bentuk print out bukan tulisan tangan, maka ia bisa mengetiknya di komputer dan mencetaknya. Contoh lainnya adalah ketika siswa ingin mencari informasi seputar pelajaran sekolah yang tidak ada di buku maka ia bisa mencarinya di internet melalaui komputer secara cepat dan mudah.

Pelajaran TIK memang penting di berikan untuk siswa baik untuk tingkat SMP maupun SMA, agar mereka memiliki bekal untuk menghadapi persaingan global dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang sudah semakin canggih ini.


Ada beberapa manfaat pelajaran TIK bagi siswa antara lain:
1. Dengan adanya palajaran TIK siswa dapat dengan mudah menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pengolahan angka, pengolahan kata, presentasi, dll.

2. Pelajaran TIK juga mempermudah siswa dalam mengenal internet dan memafaatkannya untuk komunikasi dengan teman, keluarga maupun saudara yang jauh, bahkan mereka bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di berbagai belahan dunia tanpa mengalami kesulitan seperti menggunakan jejaring sosial Facebook, Twitter, YM, dll.

3. Siswa mempunyai pengetahuan yang luas tentang dunia luar seta informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat mudah dan murah melalui internet.

4. Pelajaran TIK menjadi bekal bagi siswa dalam menempuh masa depan yang semakin deras dengan arus globalisasi dan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih.

5. Dengan adanya pelajaran TIK yang diberikan kepada siswa, maka siswa dapat memfungsikan komputer dan internet secara maksimal sebagai media belajar yang efektif. Selain itu siswa juga bisa memperoleh informasi yang beragam dan menarik sehingga mereka akan lebihmudah dan senang dalam belajar. Apalagi jika siswa butuh hiburan mereka bisa membuka situs-situs yang menyediakan hiburan-hiburan seperti permainan game, film, video, dll.

Baca Lebih Lanjut »

Kumpulan Games

1 komentar


Baca Lebih Lanjut »

Tips Membuat Kelas Menyenangkan

4 komentar

Belajar di kelas. Aktifitas yang satu ini menjadi menu harian untuk bapak ibu guru dan para murid di sekolah. Sebagai guru, yang merupakan fasilitator utama, guru sangat berperan untuk membuat menu harian ini dalam sajian yang segar, menarik, tidak membosankan dan tentunya bergizi.
Penyajian yang selalu baru menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar. Nah, apa tips dan trik dari bapak ibu guru yang biasa bapak ibu guru lakukan untuk membuat menu harian ini segar dan bergizi? Intip yuks beberapa cara membuat kelas menyenangkan berikut ini!

1. Hindari berdiri di satu posisi
Dalam cara konvensional dalam mengajar, guru selalu mengajar dengan posisi yang sama yaitu di depan kelas. Guru duduk di belakang meja guru atau berdiri di depan papan tulis. Guru biasanya meminta murid untuk membuka buku pelajaran atau membagikan foto kopi materi pelajaran. Kemudian materi tersebut dibahas bersama-sama. Metode ini dikaji sebagai salah satu metode yang tidak efektif, karena belajar terjadi hanya satu arah, guru menyampaikan dan murid mendengarkan. Kira-kira akan berapa lama anak-anak akan bertahan untuk menyimak pelajaran yang diajarkan? 10 menit? 15 menit? Coba saja.
Bandingkan dengan mobile teaching. Guru bisa membahas mata pelajaran dalam jarak dekat dengan murid. Matematika misalnya. Dengan metode mobilitas di dalam kelas, guru bisa benar-benar turun untuk membantu murid menjelaskan penggunaan rumus, perkalian dan lain sebagainya. Selain itu, hal ini juga bisa membantu murid untuk lebih relax, menciptakan suasana bahwa mereka memang sedang belajar bersama dengan guru mereka, bukan selalu diajari atau digurui.
Terlebih, mereka akan merasakan keterlibatan guru secara emosional. Dengan berjalan-jalan, berpindah-pindah posisi, guru juga akan lebih mengetahui secara detail situasi kelas, bahkan melihat apa yang dikerjakan oleh muridnya, satu-persatu. Apakah Donny sedang melamun, Carol sedang menggambar karena bosan, atau ada murid yang bisik-bisik, corat-coret dan lain sebagainya.

2. Pancing ide anak sebanyak-banyaknya
Full attention atau atensi penuh bisa juga didapat dari memancing pendapat, diskusi atau berdebat argument. Tidak semua anak bisa mengeluarkan idea tau pendapat mereka. Sebagai guru, kita harus percaya pada kemampuan dari masing-masing anak. Pacu mereka untuk berani berpendapat, hargai apapun yang mereka ungkapkan. Dengan demikian, selain memberikan materi pelajaran, kita juga melatih mereka untuk terbuka pada perbedaan ide dan mendengarkan orang lain. Hal ini menjadi sangat penting bagi anak, karena ini akan menjadi bekal untuk mereka berinteraksi dengan orang lain, dengan teman, guru, orang tua atau siapa saja yang mereka temui.

3. Bervariasi
Sajikan mata pelajaran dengan berbagai variasi. Misalnya di awal pelajaran, bapak ibu guru bisa memberikan aktivitas untuk class warming up, seperti berdiri bersama dan melakukan yel-yel, atau games selama 5 menit, atau cerita lucu atau apapun yang bisa memberikan semangat dan menyatukan spirit anak untuk belajar bersama bapak ibu guru selama 45 menit atau 90 menit ke depan. Bisa juga setelah 15 menit menjelaskan mata pelajaran, bapak ibu guru bisa menyisipkan kuis selingan. Perbanyak diskusi dengan anak-anak murid. Di akhir pelajaran, bisa ditutup dengan tanya jawab singkat mengenai mata pelajaran yang diajarkan.

4. Berikan perhatian ke semua anak
Yang sering terjadi di kelas adalah guru akan cenderung lebih memperhatikan murid yang pintar dan aktif. Kita coba tarik kembali ke masa kita sekolah dulu. Jika memang kita sebagai anak aktif, kita akan merasa kita sangat diperhatikan oleh guru.
Jika kita diam saja di kelas, maka kita juga tidak akan berkesempatan untuk menuangkan ide ataupun mengaktualisakan diri kita di kelas. Makanya sering muncul jargon, jadilah anak ‘yang paling’…paling pintar, paling paling cantik, paling badung, paling suka telat… Yang penting menjadi ‘paling’, entah paling apa, karena dengan paling, kita baru akan diperhatikan oleh guru.
Bagaimana dengan anak-anak yang dalam taraf biasa-biasa saja? Sekarang ketika menjadi seorang guru, sebenarnya tugas seorang guru lah untuk mengeksplore ‘benih-benih paling’ yang ada di dalam diri masing-masing anak. Sebagai guru, guru harus percaya bahwa setiap anak punya talenta dan potensi yang berbeda-beda.

5. Maksimalkan teknologi
Salah satu alat yang membantu guru untuk menciptakan suasana aktif dan segar adalah teknologi. Manfaatkan teknologi yang ada, seperti laptop, internet dan projektor untuk mengubah materi pelajaran text book ke audio visual. Dengan penyajian yang baik dan menarik, fokus anak akan lebih terarah pada materi yang disampaikan. Jangan ragu untuk mengotak-atik atau membuat sesuatu yang berbeda dengan teknologi.
Dengan satu klik di sebuah website, guru bisa mendapatkan berbagai pengetahuan yang bisa diseleksi menyesuaikan mata pelajaran yang sedang dibahas. Berbagai situs tentang edukasi dan pengetahuan tersedia, salah satunya adalah portal kesekolah.com yang menyajikan berbagai artikel dari kesehatan, pendidikan, berita, solusi edukasi dan lain sebagainya. Dengan demikian, pembahasan materi yang dilakukan di dalam kelas akan lebih bervariasi dan selalu segar, karena informasi dari internet selalu update dan terkini.



Source : www.kesekolah.com

Baca Lebih Lanjut »

Murid Susah Diatur? Jangan Panik! Ini Cara Tepat Menanganinya

1 komentar



menangani murid - Guru pusing menghadapi perilaku murid
Guru pusing menghadapi perilaku murid. (Sumber: gettyimages.com)

Saat mengajar murid baru, Bapak/Ibu Guru tidak pernah tahu murid seperti apa yang akan dihadapi. Kalau mendapatkan murid yang giat dan rajin rasanya bahagia sekali. Apalagi kalau mereka juga mau mendengarkan setiap kata-kata yang Bapak/Ibu berikan, wah pasti mengajar menjadi semakin menyenangkan ya!
Tapi... gimana kalau Bapak/Ibu Guru menghadapi murid yang susah diatur? Rasanya seperti cobaan hidup, apalagi harus menghadapi murid tersebut paling tidak untuk setahun kedepan. Well, mau sesusah apapun murid diatur, sudah menjadi tanggung jawab Bapak/Ibu Guru untuk bisa menghadapi murid agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
Nah, maka dari itu Ruangguru.com ingin berbagi cara-cara tepat yang bisa Bapak/Ibu terapkan untuk menangani murid yang susah diatur ini. Jadi jangan panik dulu ya! Ayo, mari pelajari bagaimana cara penanganan yang tepat dengan cara-cara seperti ini:

1. Rencanakan beragam metode mengajar
menangani murid - Rencana belajar. Rencana belajar. (Sumber: 7t9.nl) 
Setiap murid memiliki keunikan dan karakternya masing-masing, inilah yang membuat setiap murid tidak bisa ditangani dengan cara yang sama. Di sini, Bapak/Ibu Guru harus pintar-pintar nih untuk antisipasi dengan berbagai metode belajar. Bisa saja di kelas A, muridnya lebih senang belajar dengan metode diskusi bersama. Sedangkan kelas B, lebih senang belajar dengan metode simulasi untuk lebih mengerti.
Jadi, sebelum mengajar, coba untuk persiapkan berbagai metode ya! Lagipula, dengan menggunakan metode belajar yang variatif tentu membuat kelas Bapak/Ibu Guru lebih seru, jadinya murid pun senang saat di kelas dan mengurangi sikapnya yang susah diatur itu, hehe.

2. Daripada berteriak, beri peringatan secara nonverbal saja
university.com - Guru mengisyaratkan murid untuk tenang. Guru mengisyaratkan murid untuk tenang. (Sumber: university.com) 
Saat mengajar kelas yang susah diatur, pasti selalu ada saja murid yang membuat gaduh. Yang tadinya kelas tenang, tiba-tiba langsung menjadi berisik seisi kelas. Mau menerangkan apapun di kelas juga tidak terdengar. Daripada berteriak di depan murid, lebih baik gunakan gestur nonverbal saja ya! Misalnya, bisa dengan menaruh jari telunjuk di depan mulut untuk memberikan kode “jangan berisik”. Bisa juga saat ada yang berisik, tatap murid yang membuat keributan sampai akhirnya sadar kalau diperhatikan dan diam sendiri.
Sebisa mungkin hindari untuk berteriak ya. Dengan berteriak, selain menguras emosi, tentunya secara tidak langsung mengajarkan murid bahwa di kelas boleh berteriak. Jadi, cobalah tetap bersikap tenang selalu!

3. Sebisa mungkin tidak berkata “jangan”
menangani murid - Guru melarang siswa Guru melarang siswa. (Sumber: addictinginfo.org) 
Saat menghadapi murid yang susah diatur, tidak jarang membuat Bapak/Ibu Guru habis kesabaran. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah dengan memberikan peringatan kepada murid mengenai sikap murid yang kurang diterima tersebut. Nah, saat hendak mengingatkan murid, coba gunakan ucapan yang berkonotasi positif daripada negatif ya!
Misalnya saja, saat Bapak/Ibu Guru sedang menerangkan di depan kelas, mulai ada murid yang malah asik ngobrol sendiri dan malah mengganggu murid yang lain. Apabila Bapak/Ibu Guru hanya mengingatkan dengan berkata “jangan berisik!” atau “jangan mengobrol!”, mungkin awalnya murid akan diam. Tapi lama-kelamaan pasti akan mengulanginya lagi, karena tidak ada alasan solutif dari ucapan tersebut.
Sebaiknya saat menegur, sambil memberikan alasan solutif mengapa perlu memperhatikan guru seperti “ayo perhatikan ke depan, kalian mau kan mendapat nilai bagus di ujian nanti dan bebas remed?”. Biasanya ini akan lebih ampuh, murid akan diam dan mulai memikirkan akibat yang mereka dapatkan. Akhirnya, murid pun akan lebih menyimak guru deh!

4. Fokus pada perilaku positif murid
menangani murid - Guru menghargai perbuatan baik murid Guru menghargai perbuatan baik murid. (Sumber: toledoblade.com) 
Sebagai manusia, kadang kita terlalu fokus dengan keburukan saja dan lupa akan hal positif atau kebaikan yang dilakukan murid. Nah, coba deh mulai perhatikan lebih seksama sikap murid yang susah diatur. Bisa saja murid itu memang berisik saat di kelas, tetapi di sisi lain selalu rajin mengerjakan tugas atau bahkan sekedar rajin tunjuk tangan untuk bertanya. Sesekali, cobalah untuk memuji perilaku baik ini ya! Murid itu senang sekali lho setiap mendapat pujian, apalagi dari guru.
Ketika murid merasa dihargai sekecil apapun tindakan yang sudah diperbuat, mereka akan senang untuk terus berperilaku baik pula. Eh, tapi bukan berarti hanya fokus memuji ke salah satu murid saja ya! Jangan lupa untuk memuji tindakan murid lainnya, biar tidak disangka “anak emas” oleh murid lainnya. Hihi….

5. Bisa jadi murid tidak bisa diam karena hiperaktif
menangani murid - Murid hiperaktif Murid hiperaktif. (Sumber: theconversation.com) 
Mengingat setiap murid memiliki karakter yang berbeda, tidak menutup kemungkinan murid yang susah diatur merupakan anak yang hiperaktif! Buat murid seperti ini, sulit sekali untuk bisa duduk, diam, dan perhatikan guru di depan. Mereka membutuhkan aktivitas yang bisa dilakukan agar energinya dapat tersalurkan. Berhubung di kelas hanya bisa duduk saja, akhirnya murid ini bosan dan akhirnya berisik sendiri.
Cara menanganinya adalah dengan memberikan metode belajar yang banyak melibatkan aktivitas. Bisa dengan mengadakan games, diskusi, atau seperti role playing. Dengan begitu, energi murid bisa tersalurkan secara positif dan bukannya malah mengobrol sama teman.

6. Belajar mendengar murid
menangani murid - Guru mendengar keluhan murid Guru mendengar keluhan murid. (Sumber: blog.theautismsite.com) 
Coba deh, sesekali ajak ngobrol murid yang susah diatur secara personal. Bisa saja, sebenarnya ia punya masalah internal seperti keluarga atau bahkan teman yang membuat dirinya susah fokus untuk di kelas dan jadinya malah mencari perhatian. Dengan mencoba mendengarkan cerita murid, Bapak/Ibu Guru pun juga akan lebih mengerti kondisi murid tanpa harus bersikap marah terus.
Positifnya setelah berbagi cerita, murid akan merasa ada kedekatan dengan Bapak/Ibu Guru karena mau mendengarkan dan mengerti mereka. Murid pun akan jadi lebih menghormati guru dan akan lebih menjaga sikap untuk tidak terus-menerus membuat onar suasana kelas.

7. Beri hukuman positif
menangani murid - Murid diberi hukuman Murid diberi hukuman. (Sumber: incredibleart.org) 
Kalau mau cara apapun tetap membuat murid susah diatur, kadang tidak ada salahnya juga untuk memberikan hukuman bagi murid yang melanggar. Tapi, buat hukuman ini yang sifatnya membangun dan positif ya, bukan yang malah jadi ngomelin murid saja.
Bisa saja nih, Bapak/Ibu Guru menerapkan siapa pun yang tidak mengerjakan tugas harus traktir permen untuk teman-teman sekelasnya. Tentu, murid tidak mau sampai uang jajannya terpotong karena tidak mengerjakan tugas kan? Hehe. Tapi sebelumnya pastikan semua murid sudah setuju dengan peraturan ini ya! Pastikan juga untuk tetap mewajibkan murid untuk mengumpulkan tugas, biar hukuman ini tidak disalahgunakan.
 

8. Berkoordinasi dengan orang tua

menangani murid - Guru berkonsultasi dengan orang tua Guru berkonsultasi dengan orang tua. (Sumber: rd.com) 
Dalam hal ini, butuh adanya koordinasi dengan pihak orang tua. Rutinlah mengadakan pertemuan sehingga bisa mengetahui perkembangan yang terjadi pada siswa. Mulai dari perilaku siswa di rumah, lingkungan pertemanan, kebiasaan siswa, dan sebagainya.

9. Tetap sabar dan ceria
menangani murid - Guru tersenyum pada murid Guru tersenyum pada murid. (Sumber: bgsg.bury.sch.uk) 
Meski lelah menghadapi murid yang susah diatur. Bapak/Ibu Guru tetap harus sabar dan ceria ya! Dengan bersabar, mau menghadapi kondisi apapun akan membuat Bapak/Ibu Guru tetap tenang menangani berbagai sikap murid yang bisa bikin kesal. Tetap juga ceria dan menyenangkan saat mengajar, dengan harapan para murid merasa dipedulikan. Jadi, yang sabar ya Bapak/Ibu Guru!
Itulah cara-cara tepat untuk menangani murid yang susah diatur! Semoga dengan cara ini bisa membantu Bapak/Ibu Guru untuk tetap tenang dalam menghadapi tingkah laku murid yang susah diatur ya. Tetap semangat untuk mengajar ya Bapak/Ibu Guru, kami bangga! :)



Sumber : https://blog.ruangguru.com/cara-menangani-murid-susah-diatur

Baca Lebih Lanjut »