Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh, dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun ajaran 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pendidikan dasar, dan menengah sebagaimana yang diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006, dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Panduan Pengembangan KTSP yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Salah satu perubahan yang menonjol pada KTSP dibanding dengan kurikulum sebelumnya adalah KTSP bersifat desentralistik.
Artinya, segala tata aturan yang dicantumkan dalam kurikulum, yang
sebelumnya dirancang dan ditetapkan oleh pemerintah pusat, dalam KTSP
sebagian tata aturan dalam kurikulum diserahkan untuk dikembangkan dan
diputuskan oleh pihak di daerah atau sekolah. Meski terdapat kebebasan
untuk melakukan pengembangan pada tingkat satuan pendidikan, namun
pengembangan kurikulum harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan
yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Ketetapan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah.[2]
KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,
struktur, dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender
pendidikan, dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.
Standar isi adalah ruang lingkup materi, dan tingkat kompetensi yang
dituangkan dalam persyaratan kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian
kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
Standar isi merupakan pedoman untuk pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memuat :
- kerangka dasar, dan struktur kurikulum,
- beban belajar,
- kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan, dan
- kalender pendidikan.
SKL digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan
peserta didik dari satuan pendidikan. SKL meliputi kompetensi untuk
seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran. Kompetensi lulusan
merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah
disepakati.
Pemberlakuan KTSP, sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan Menteri
Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL,
ditetapkan oleh kepala sekolah setelah memperhatikan pertimbangan dari
komite sekolah. Dengan kata lain, pemberlakuan KTSP sepenuhnya
diserahkan kepada sekolah, dalam arti tidak ada intervensi dari Dinas
Pendidikan atau Departemen Pendidikan Nasional. Penyusunan KTSP selain
melibatkan guru, dan karyawan juga melibatkan komite sekolah serta bila
perlu para ahli dari perguruan tinggi setempat. Dengan keterlibatan
komite sekolah dalam penyusunan KTSP maka KTSP yang disusun akan sesuai
dengan aspirasi masyarakat, situasi, dan kondisi lingkungan, dan kebutuhan masyarakat.
Pengembangan Mutu Kurikulum Pembelajaran Sekolah
Pengembangan Mutu Kurikulum Pembelajaran Sekolah - Kegiatan peningkatan
mutu sekolah atau madrasah berada pada peningkatan mutu pendidikan
nasional. karena itu peningkatan sekolah atau madrasah yang wujudnya
berupa program-program sekolah atau madrasah tetap mengacu pada sistem
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional "USPN", program apapun yang
dibuat mestinya bermuara kepada peningkatan pelayanan peserta didik
sehingga menghasilkan lulusan berkualitas.
Lulusan sekolah atau madrasah yang berkualitas menurut USPN memiliki sembilan (9) Indikator Makro, antara lain sebagai berikut :
- Beriman
- Bertaqwa
- Berilmu
- Bertanggung Jawab
- Sehat
- Cakap
- Kreatif
- Mandiri, dan
- Demokratis
Wujud program yang dibuat di masdrasah baik yang desain untuk jangka
menengah atau Rencana Kerja Jangka Menengah "RJKM" dan Rencana Kerja
Tahunan (RKT) diiharapkan berujung kepada pencapaian Indikator-indikator
makro tersebut
Setiap program yang disusun untuk mencapai tujuan -tujuan seperti di
atas mestinya dimulai dari awal yang rasional, dan faktual, untuk itu
setiap program mestinya dimulai dengan analisis kebutuhan. Lebih
jelasnya kerangka desain pengembangan mutu kurikulum, dan pembelajaran
di suatu madrasah atau sekolah
Cara Penyusunan KTSP atau Prosedurnya
KTSP mengikuti prosedur yang logis, dan sistematis. Prosedur ini perlu
diikuti bukan saja deskripsi tugas tiap komponen terkait menjadi jelas,
tetapi juga agar setiap madrasah yang tidak terlibat langsung dalam tim
pengembangan memahami arah perencanaan yang ditetapkan. Dengan demikian
perlu ditentukan Tim Pengembang Kurikulum Madrasah (TPKM), pengerja
analisis konteks, pengkaji delapan standar pendidikan , penyusun draf
dokumen, dan dokumen akhir, penghitung Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
setiap mata pelajaran, perevisi, dan pensosialisasi KTSP.
Struktur dan Muatan KTSP
Struktur Program Kurikulum 2006:
SD :
# | Komponen | Kelas | |||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
I | II | III | IV | V | VI | ||
A. | Mata Pelajaran | ||||||
1. | Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
2. | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
4. | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
6. | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
7. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
8. | Seni Budaya dan Prakarya | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
9. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
10. | Teknologi Informasi, dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
B. | Muatan lokal | ||||||
1. | Bahasa Daerah | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
2. | Bahasa Asing | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
C. | Pengembangan Diri | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Jumlah | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 |
SMP :
# | Komponen | Kelas | ||
---|---|---|---|---|
VII | VIII | IX | ||
A. | Mata Pelajaran | |||
1. | Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4. | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
5. | Matematika | 4 | 4 | 4 |
6. | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 |
7. | Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 | 4 |
8. | Seni Budaya dan Prakarya | 2 | 2 | 2 |
9. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
10. | Teknologi Informasi, dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. | Muatan lokal | |||
1. | Bahasa Daerah | 2 | 2 | 2 |
2. | Bahasa Asing | 2 | 2 | 2 |
C. | Pengembangan Diri | 2 | 2 | 2 |
Jumlah | 36 | 36 | 36 |
SMA :
- Program IPA
# | Komponen | Kelas | ||
---|---|---|---|---|
X | XI | XII | ||
A. | Mata Pelajaran | |||
1. | Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4. | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
5. | Matematika | 4 | 4 | 4 |
6. | Fisika | 4 | 4 | 4 |
7. | Biologi | 4 | 4 | 4 |
8. | Kimia | 4 | 4 | 4 |
9. | Sejarah | 2 | 2 | 2 |
10. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
11. | Seni Budaya dan Prakarya | 2 | 2 | 2 |
12. | Teknologi Informasi, dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. | Muatan lokal | |||
1. | Bahasa Daerah | 2 | 2 | 2 |
2. | Bahasa Asing | 2 | 2 | 2 |
C. | Pengembangan Diri | 2 | 2 | 2 |
Jumlah | 42 | 42 | 42 |
- Program IPS
# | Komponen | Kelas | ||
---|---|---|---|---|
X | XI | XII | ||
A. | Mata Pelajaran | |||
1. | Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4. | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
5. | Matematika | 4 | 4 | 4 |
6. | Sejarah | 4 | 4 | 4 |
7. | Ekonomi | 4 | 4 | 4 |
8. | Geografi | 4 | 4 | 4 |
9. | Sosiologi | 2 | 2 | 2 |
10. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
11. | Seni Budaya dan Prakarya | 2 | 2 | 2 |
12. | Teknologi Informasi, dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 |
B. | Muatan lokal | |||
1. | Bahasa Daerah | 2 | 2 | 2 |
2. | Bahasa Asing | 2 | 2 | 2 |
C. | Pengembangan Diri | 2 | 2 | 2 |
Jumlah | 42 | 42 | 42 |
0 komentar: